Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Pemula

Asuransi Mobil TerbaikCara memilih asuransi mobil terbaik tidak hanya memilih asuransi dengan harga murah dan memiliki banyak manfaat yang didapatkan. Tetapi ada banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan seperti apakah proses klaim asuransi cepat, apakah jenis asuransi yang dibeli sudah tepat, apakah perusahaan asuransi yang kamu beli terpercaya atau tidak.

Karena membeli asuransi mobil adalah untuk jangka panjang selama kita memiliki mobil. Bukan hanya membelinya sekali dan berharap tidak akan terjadi masalah ketika membutuhkan klaim asuransi.

Jangan sampai kamu tertipu oleh promo menarik di awal dari perusahaan asuransi mobil baru yang terindikasi penipuan.Tetapi saat kamu mencoba melakukan klaim asuransi, kamu tidak bisa mendapatkannya karena pihak asuransi tidak membayarkan klaim asuransi dari asuransi yang telah kamu beli.

Karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara memilih asuransi mobil terbaik untuk pemula. Sehingga kamu yang baru pertama kali membeli asuransi mobil tidak akan tertipu dan mendapatkan asuransi mobil yang terbaik untuk jangka panjang.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Berikut ini adalah cara memilih asuransi mobil untuk pemula yang baru pertama kali membeli asuransi yang tidak boleh diabaikan.

1. Belilah Asuransi Sesuai Kebutuhan

Cara memilih asuransi mobil terbaik adalah harus disesuaikan dengan kebutuhan. Karena jenis perlindungan asuransi memiliki kebutuhan manfaat yang berbeda-beda. Jadi kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang paling tepat.

Kamu harus mengecek kondisi mobil kamu miliki, apakah kondisi mesin masih layak pakai, apakah usia mobil masih baru, dan beberapa hal lainnya. Karena kondisi mobil yang kamu miliki saat ini akan jadi pertimbangan dari pihak asuransi untuk menentukan premi asuransi dan kelayakan apakah mobil bisa diasuransikan atau tidak.

Untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dengan tepat, kamu harus mempertimbangkan 2 jenis asuransi berikut :

  • Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jika kamu ingin mendapatkan proteksi jaminan kerusakan mobil dari semua risiko kerusakan ringan ringan dan berat, atau kehilangan mobil, mobil kamu miliki memiliki harga yang mahal, mobil digunakan di wilayah rawan kecelakaan dan usia kendaraan masih kurang dari 5 tahun. Maka asuransi al risk tepat untuk kamu pilih. Tetapi premi asuransi all risk yang harus kamu bayarkan juga cukup mahal mulai Rp 250 ribu per bulan.

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Sedangkan asuransi TLO lebih tepat digunakan untuk kamu yang memiliki mobil murah, mobil beroperasi atau digunakan di wilayah tidak padat kendaraan, lokasi rawan pencurian/kehilangan mobil, dan usia mobil sudah lebih dari 5 tahun. Untuk premi yang ditawarkan jenis asuransi TLO cukup murah karena mulai dari Rp 35 ribu per bulan.

Tetapi manfaat yang kamu dapatkan tidak seperti all risk, karena asuransi TLO hanya akan memproteksi mobil jika kerusakan yang dialami mobil lebih dari 75% dan kehilangan/pencurian kendaraaan. Untuk asuransi tambahan lainnya kamu harus menambahkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

2. Pahami produk asuransi

Kamu harus memahami dengan detail produk asuransi yang ingin kamu beli. Karena setiap perusahaan asuransi akan memberikan layanan dan manfaat yang berbeda-beda walaupun kamu sama-sama membeli asuransi jenis TLO atau all risk.

Jadi pastikan bahwa kamu tidak hanya berpatokan pada harga premi murah saja, tetapi harus mengetahui manfaat dan layanan yang diberikan untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik.

3. Bandingkan

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik, kamu bukan hanya fokus dengan satu perusahaan asuransi saja. Lakukanlah perbandingan dengan perusahaan asuransi lainnya dengan produk yang sama.

Sehingga kamu akan mendapatkan asuransi mobil terbaik dengan harga lebih murah dan mendapatkan manfaat dan layanan yang sama.

4. Tentukan pilihan

Setelah kamu melakukan perbandingan maka kamu akan mendapatkan perusahaan asuransi mobil terbaik dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan baik-baik lagi di tahap ini apakah perusahaan asuransi atau produk asuransi tersebut benar-benar yang paling tepat untuk dibeli atau menggantinya dengan yang lain.

5. Sesuaikan kondisi finansial

Selain memperhatikan beberapa faktor untuk memilih asuransi mobil terbaik diatas, terakhir kamu harus memperhatikan kondisi keuangan yang kamu miliki. Karena membeli asuransi tidak hanya sekali saja, kamu akan menggunakannya selama kamu menggunakan mobil.

Pastikan kamu tidak membeli asuransi mobil dengan premi yang diluar kemampuan kondisi finansial kamu hari ini dan tahun-tahun berikutnya. Jangan sampai kamu ingin mendapatkan layanan dan manfaat lengkap, tetapi di tahun-tahun berikutnya kamu gagal bayar asuransi. Hal ini bisa menyebabkan saat kamu membutuhkan klaim asuransi, klaim tidak akan bisa kamu lakukan.

Jadi itulah tadi informasi tentang cara memilih asuransi mobil terbaik yang perlu kamu perhatikan saat kamu baru pertama kali membeli asuransi mobil. Sehingga kamu tidak hanya mencari asuransi mobil murah, tetapi kamu juga akan mendapatkan asuransi mobil yang terbaik.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.