Cara Mendapatkan Asuransi Mobil Dengan Mobil Pengganti

Asuransi Mobil Dengan Mobil PenggantiPerusahaan asuransi mobil semakin banyak, sehingga persaingan semakin ketat. Karena itu perusahaan asuransi harus membuat produk dan layanan yang lebih unggul dan menarik dibanding pesaing lainnya. Dan salah satu cara yang banyak dilakukan perusahaan asuransi adalah dengan memberikan layanan asuransi mobil dengan mobil pengganti.

Jika kamu belum mengetahui apa yang dimaksud dengan asuransi mobil dengan mobil pengganti. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskannya secara lengkap tentang layanan asuransi mobil ini. Sehingga kamu bisa mengetahui apakah layanan asuransi mobil pengganti benar-benar penting dipilih saat membeli asuransi atau tidak.

Tentang Asuransi Mobil Dengan Mobil Pengganti

Asuransi mobil dengan mobil pengganti merupakan salah satu layanan tambahan yang diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi kepada nasabahnya. Layanan ini bisa dikatakan sebagai layanan cukup penting dipertimbangkan untuk dimiliki saat membeli asuransi mobil.

Karena dengan adanya layanan asuransi mobil dengan mobil pengganti, kamu akan sangat terbantu. Terutama saat mobil kamu miliki mengalami kerusakaan dan harus ditinggal di bengkel, sedangkan untuk menunjang aktivitas harian kamu. Mobil tersebut adalah salah satu kendaraan yang kamu miliki.

Dengan adanya layanan mobil pengganti dari pihak asuransi ini akan membuat kamu tetap bisa menggunakan mobil pengganti yang diberikan oleh pihak asuransi. Sehingga kamu tetap bisa bepergian ke kantor atau melakukan aktivitas setiap hari dengan normal menggunakan kendaraan yang diberikan pihak asuransi.

Tetapi untuk mendapatkan mobil pengganti, harus ada prosedur dan syarat yang harus terpenuhi. Jadi tidak semua klaim asuransi mobil bisa mendapatkan layanan mobil pengganti.

Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi Mobil Dengan Mobil Pengganti?

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, tidak semua perusahaan asuransi memiliki layanan mobil pengganti. Jadi cara untuk mendapatkan asuransi mobil pengganti yang pertama adalah kamu harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan ini. Jika tidak, kamu tidak akan bisa mendapatkan layanan mobil pengganti.

Beberapa perusahaan asuransi yang memiliki layanan mobil pengganti adalah sebagai berikut :

  • Asuransi Central Asia (ACA)
  • Zurich Insurance Indonesia
  • Malacca Trust Wuwungan Insurance
  • Asuransi MSIG Indonesia

Setelah memilih perusahaan yang memiliki layanan mobil pengganti, kamu harus mengetahui prosedur dan syarat mendapatkan asuransi mobil dengan mobil pengganti.

Prosedur dan Syarat Asuransi Mobil Dengan Mobil Pengganti

Beberapa prosedur dan syarat mendapatkan asuransi mobil dengan mobil pengganti, adalah sebagai berikut :

Catat Nomor Klaim

Ketika kendaraan yang kamu miliki mengalami kecelakaan dan menyebabkan mobil rusak, kamu segera lakukan klaim asuransi. Setelah klaim asuransi diterima, maka kamu akan mendapatkan nomor klaim atau nomor tiket klaim.

Nomor klaim ini nantinya akan digunakan sebagai bukti bahwa kamu telah melakukan klaim asuransi yang diterima oleh pihak asuransi. Pastikan bahwa nomor klaim ini tidak hilang dan wajib untuk kamu catat.

Cek Pengerjaan Perbaikan Mobil

Setelah klaim asuransi diterima, maka kamu akan diarahkan oleh pihak asuransi untuk membawa mobil ke bengkel rekanan untuk mendapatkan bermaikan. Saat kerusakan mobil di cek di bengkel rekanan, kamu tanyakan berapa lama waktu pengerjaan perbaikan mobil.

Jika kamu sudah mendapatkan estimasi waktu pengerjaan perbaikan mobil, maka kamu segera konfirmasi ke pihak asuransi untuk mendapatkan mobil pengganti. Kamu hanya akan mendapatkan fasilitas mobil pengganti ketika mobil harus ditinggal di bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Syarat Mendapatkan Mobil Pengganti

Syarat utama untuk mendapatkan mobil pengganti adalah konfirmasi dari pihak bengkel ke pihak asuransi tentang estimasi pengerjaan perbaikan mobil. Dan ketika pihak bengkel mengharuskan mobil ditinggal di bengkel selama beberapa hari, maka kamu bisa mendapatkan layanan asuransi mobil dengan mobil pengganti.

Syarat utama dari mendapatkan fasilitas mobil pengganti adalah ketika mobil harus diperbaiki di bengkel selama lebih dari 2 hari. Jika mobil bisa diperbaiki di bengkel dalam waktu kurang dari 2 hari, maka kamu tidak bisa mendapatkan fasilitas mobil pengganti.

Selain syarat estimasi pengerjaan perbaikan mobil, ternyata untuk mendapatkan mobil pengganti tidak semudah yang dibayangkan. Karena terkadang pihak asuransi hanya memiliki beberapa unit mobil pengganti saja.

Sedangkan saat kamu membutuhkan fasilitas mobil pengganti, mobil pengganti dari pihak asuransi sedang digunakan semua. Maka request kamu untuk mendapatkan asuransi mobil dengan mobil pengganti bisa ditolak pihak asuransi.

Saran Mendapatkan Asuransi Dengan Mobil Pengganti

Kami memiliki saran agar kamu bisa mendapatkan asuransi dengan mobil pengganti saat kamu ingin melakukan perbaikan mobil. Caranya adalah kamu harus menanyakan terlebih dahulu ke pihak asuransi apakah mobil pengganti tersedia atau tidak.

Jika pihak asuransi mengabarkan tersedia mobil pengganti barulah kamu membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Sehingga kasus kamu tidak bisa mendapatkan layanan mobil pengganti tidak akan terjadi.

Catatan

Perlu kamu perhatikan juga bahwa asuransi mobil dengan mobil pengganti memiliki batas waktu penggunaan. Umumnya perusahaan asuransi akan memberikan batas waktu maksimal penggunaan mobil pengganti adalah 5 hari.

Maka setelah 5 hari pemakaian fasilitas mobil pengganti, segera kembalikan ke pihak asuransi. Karena jika kamu menggunakannya lebih dari 5 hari, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan sewa mobil pengganti per hari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.